Apakah radio streaming itu?

Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah banyak gaya hidup kita.
Berkembangnya media internet memberikan alternatif bagi kita untuk mendapatkankan informasi dan hiburan.
Radio streaming merupakan salah satu pilihan bagi kita untuk mendapatkan hiburan yang dapat dinikmati melalui internet.

Apakah radio streaming itu? Radio streaming adalah media audio yang dapat kita dengarkan melalui internet. Orang banyak menyebutnya dengan istilah radio online. Radio online pada prinsipnya file audio yang dikirim dari komputer sumber streaming (streaming source) ke server secara (mengalir) terus menerus dimana listener radio streaming dapat mengakses atau mendengarkan file streaming yang berada di server tersebut melalui jaringan internet. Hal ini dimaksudkan agar listener dapat mengakses secara real time tanpa menunggu file terkirim secara utuh dari komputer source ke server dan dari server ke komputer listener, meskipun terdapat jeda waktu karena proses streaming itu.

Melalui radio streaming ini kita dapat mendengarkan radio FM/AM dari belahan dunia manapun apabila pihak perusahaan radio FM/AM tersebut menyediakan layanan radio streaming. Saat ini tidak hanya perusahaan radio onair (FM/AM) yang memberikan layanan radio streaming, akan tetapi juga banyak bermunculan radio streaming yang khusus melakukan siaran online. Penyedia layanan radio streaming ini biasanya dari suatu komunitas, personal, organisasi, instansi atau lainnya.

Apa keunggulan radio streaming?
Dengan media internet radio streaming dapat di dengarkan di seluruh dunia, radio streaming juga dapat didengarkan menggunakan perangkat Handphone, Blackberry dan Iphone.
Keunggulan ini memaksa penyedia layanan radio onair untuk mengonlinekan siarannya menjadi radio streaming. Melalui radio streaming ini diharapkan akan menambah jumlah pendengarnya yang sebelumnya hanya bisa di akses dalam wilayah jangkauan pemancar radio tersebut.

Apa saja jenis radio streaming itu?
Tipe radio streaming saat ini adalah Icecast, shoutcast, live365, dan oddcast, dll. Adapun format output streaming yang dihasilkan adalah mp3, aac+, dan ogg.
Dari bermacam-macam tipe tersebut shoutcast yang paling banyak digunakan saat ini.
Bersumber dari pihak pengembang shoutcast, layanan radio streaming yang menggunakan shoutcast kini berjumlah sekitar 50 ribu stasiun radio dengan berbagai genre.
Output streaming dari shoutcast ada dua macam yaitu AAC+ dan MP3.

Keunggulan dan kekurangan format AAC+
Format aac+ mempunyai keunggulan dalam kualitas audio yang dihasilkan. Pada bitrate 32kbps kualitas audionya setara dengan mp3 dengan bitrate 128 kbps. Hal ini menjadikan format ini sangat baik untuk kebutuhan radio streaming, karena akan lebih hemat bandwidth dan lebih ringan diakses melalui internet.
Kelemahan format ini apabila digunakan untuk kebutuhan radio streaming adalah belum adanya player yang langsung dapat memutar di halaman website. Untuk mendengarkannya harus menggunakan software tertentu misalnya winamp, realplayer, VLC media player, iTunes, Nemesis Player dll.
Kini sudah ada beberapa jenis server yang dapat menghasilkan streaming aac+ dapat langsung didengarkan melalui halaman website namun biaya untuk hal ini masih cukup mahal.

Keunggulan dan kekurangan format MP3
Meskipun suaranya tidak sejernih dengan format AAC+, MP3 mempunyai keunggulan dalam kompatibilitas dengan berbagai devices. Streaming MP3 dapat di akses melalui handphone, Blackberry dan bisa didengarkan langsung melalui streaming player yang dipasang pada halaman website. Namun keunggulan kompatibilitas ini tidak diikuti dengan kualitas audionya, untuk mencapai kualitas yang bagus harus memakai bitrate yang tinggi misalnya 128 kbps, tentu hal ini menjadikan lebih boros bandwidth dan belum tentu seluruh pengguna internet di negara kita dapat menikmatinya karena tidak semua koneksi internet di negara kita mampu mengakses dengan koneksi seadanya.